Perum JAMKRINDO - Data Informasi BUMN

Jamkrindo
Perum Jamkrindo - Perusahaan Umum (Perum) Sarana Pengembangan Usaha selanjutnya disebut Perum Sarana merupakan BUMN yang didirikan dengan PP Nomor 95 Tahun 2000 untuk menggantikan dan melanjutkan tugas dan wewenang Perum Pengembangan Keuangan Koperasi (Perum PKK) sebagaimana telah didirikan oleh Pemerintah berdasarkan PP Nomor 51 Tahun 1981 dan selanjutnya melalui PP Nomor 27 Tahun 1985.

Kegiatan usaha utama yang dijalankan Perum Sarana adalah memberikan penjaminan kredit guna membantu Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) dalam mengakses sumber pembiayaan, baik dari perbankan maupun badan usaha lainnya.

Kemudian dengan adanya penetapan Peraturan Pemerintah (PP) No 41 Tahun 2008 pada tanggal 19 Mei 2008 oleh Presiden Republik Indonesia, maka Perusahaan Umum (Perum) Sarana Pengembangan Usaha dilanjutkan berdirinya dan meneruskan usahanya, serta berubah namanya menjadi Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia. Disingkat menjadi Perum Jamkrindo

Perubahan ini untuk lebih memfokuskan kegiatan usaha perusahaan pada sektor penjaminan kredit bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Koperasi (UMKMK ) agar mampu berperan serta secara efektif dalam menunjang struktur perekonomian nasional yang tangguh, sehat dan efisien, yang merupakan salah-satu kebijaksanaan pembangunan nasional.

Alamat JAMKRINDO

Gedung JAMKRINDO
Jalan Angkasa Blok 8-9 Kav. 6 Kota Baru Bandar Kemayoran,Jakarta Pusat 10610
Telepon: 021-654 0335 Website: www.jamkrindo.com

Demikian Informasi Singkat yang dapat dipublikasi untuk PERUM JAMKRINDO, Untuk informasi lengkap Perum Bulog dapat mengunjungi Situs Resmi Bulog pada link Website Resmi Bulog di atas.
Semoga Informasi ini berguna untuk Anda agar tidak tertipu dalam mencari Informasi Rekrutmen pada Perum Jamkrindo.

BUMN

BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perusahaan Perseroan (PERSERO) sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1998 dan Perusahaan Umum (PERUM) sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 1998.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi yang penting di dalam perekonomian nasional, yang bersama-sama dengan pelaku ekonomi lain yaitu swasta (besar-kecil, domestik-asing) dan koperasi, merupakan pengejawantahan dari bentuk bangun demokrasi ekonomi yang akan terus kita kembangkan secara bertahap dan berkelanjutan. Sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi, keberadaan BUMN memiliki peran yang tidak kecil guna ikut mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. 

Untuk itu, BUMN paling tidak diharapkan 
  1. Dapat meningkatkan penyelenggaraan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan jasa dalam jumlah dan mutu yang memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak;
  2. Memberikan sumbangan kepada penerimaan negara; dan
  3. Meningkatkan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional.
Untuk mengoptimalkan keberadaan BUMN itu, langkah pengembangan dan pembinaan BUMN secara umum diarahkan untuk dapat menyinergikan kebijakan industrial dan pasar tempat BUMN tersebut beroperasi dengan kebijakan restrukturisasi dan internal perusahaan sesuai dengan potensi daya saing perusahaan.